Bupati dan wakilnya meresmikan dua jembatan di Kolaka . Utara


Colotte, pyritasultrade – Bupati Colca Utara H. Nur Rahman Umar dilantik bersama Wakil Bupati H. Abbas, dua jembatan di Desa Labulu, Kecamatan Tewo, dan satu jembatan gantung di Desa Lilihau, Kecamatan Watonohu, Kolot, Sulawesi Tenggara (Seltra), Kamis (6/1/2022).

Peresmian kedua jembatan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh penguasa Korea Utara, dilanjutkan dengan pemotongan pita.

Gubernur Kolot dalam sambutannya mengatakan, masyarakat Desa Lapollo patut berbangga dan bersyukur telah menyelesaikan pembangunan jembatan sepanjang 20 meter dan lebar 4 meter dengan pagu anggaran Rp 1.150 miliar. Dan pembangunan jembatan gantung dengan panjang 38 meter dan lebar 2 meter. Jembatan gantung itu menelan biaya Rp 149 juta dari APBD 2021.

“Jembatan ini dibangun untuk mempermudah akses menuju kebun, termasuk mempermudah distribusi logistik dan pergerakan petani dalam menanam kebunnya, sehingga tercapai efisiensi transportasi dari segi biaya dan waktu,” kata Nour Rahman.

Melalui kesempatan ini, Gubernur Kulot berharap dengan selesainya pembangunan jembatan ini dapat memperlancar arus perekonomian serta distribusi barang dan jasa serta kebutuhan sarana peternakan bagi warga desa dan sekitarnya. . sehingga meningkatkan pendapatan petani atau masyarakat.

“Bagi warga Desa Lapollo, saya sangat berharap dapat menjaga dan memelihara fasilitas ini secara lestari agar benar-benar digunakan sesuai peruntukannya,” ujarnya.

Nour Rahman juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam pembangunan dan penyelesaian jembatan ini. Sebab di tengah keterbatasan anggaran daerah, serta pandemi Covid-19, pembangunan jembatan ini tetap bisa terlaksana.

“Insya Allah saya berharap Tuhan Yang Maha Esa memberikan rahmat kepada kita, dan memberi kita kemampuan untuk membangun fasilitas lain yang akan mendukung peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Noor Rahman.

Pembangunan dan keberadaan jembatan ini merupakan kado istimewa dari pemerintah daerah kepada masyarakat Desa Lapollo dan Desa Lelehao dalam rangka HUT ke-18 berdirinya Kabupaten Kolaka Utara.

Jembatan ini akan memberikan makna bagi Kulakka Utara menuju tujuannya yaitu terwujudnya kawasan perkotaan Kulakka Utara.

Reporter: Barman
Editor: Raymond